Wayag Raja Ampat

Raja Ampat dikenal secara luas oleh banyak wisatawan ketika pemandangan di Wayag dijadikan ikon di berbagai iklan pariwisata. Pasti kamu juga termasuk dari salah satu orang yang mengidam-idamkan untuk berlibur ke Raja Ampat karena pemandangan gugusan karst yang tinggi dan indah tersebut memenuhi pemandangan dan angan-anganmu. Apalagi pemandangan tersebut hanya dapat ditemukan di Raja Ampat.

Raja Ampat memang memiliki banyak sekali destinasi wisata. Tetapi Wayag merupakan ikon Raja Ampat yang selalu menjadi tujuan para wisatawan untuk menikmati Raja Ampat. Rasanya belum bisa dikatakan ke Raja Ampat jika kamu belum berkunjung dan berfoto dengan latar belakang gugusan karst di Wayag. Nah sebelum kamu pergi ke Wayag, terdapat banyak hal yang harus kamu ketahui sebelum berlibur ke Wayag.

Keunikan Wayag

Wayag yang menjadi ikon unik dan satu-satunya di Raja Ampat memiliki pemandangan berupa batuan karst yang diperkirakan sudah tersusun sejak 5-15 juta tahun lalu lho. Keindahannya yang tidak tertandingi membuat Wayag menjadi destinasi wisata yang tak lekang oleh waktu. Terlebih kawasan ini menjadi kawasan yang dilindungi baik dari segi bentang lahannya hingga keanekaragaman hayati yang ada.

Selain pemandangannya yang khas, kekayaan bawah laut di Wayag diketahui sangat melimpah. Oleh sebab itu kawasan ini selalu dijaga supaya tidak mengalami kerusakan. Pemilik hak ulayat kawasan Wayag adalah masyarakat yang berasal dari Suku Kawe (Sub-suku Maya) atau suku asli Raja Ampat. Untuk menjaga kelestarian laut dan sumber dayanya, Suku Kawe memberlakukan Sasi yang melarang siapa saja mengambil apa saja dari laut dalam kurun waktu tertentu. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan ruang dan waktu bagi ikan untuk melakukan regenerasi sehingga ekosistem menjadi lebih sehat.

Hal yang Harus Kamu Persiapkan untuk Berlibur Ke Wayag

Berlibur ke destinasi wisata yang menjadi ikon legendaris Raja Ampat memiliki tantangan tersendiri. Pasalnya ketika berkunjung ke Wayag dan melihat pemandangannya, kamu harus bisa memanjang gugusan karst sampai ke atas sehingga memperoleh pemandangan yang utuh. Jadi terdapat beberapa hal yang harus kamu persiapkan sebelum menikmati pemandangan yang memukau di Wayag.

1. Fisik yang Sehat

Berlibur tentu saja harus dalam kondisi sehat. Berlibur kemana saja jika tubuhmu sakit tentu saja akan membuat liburanmu justru tidak menyenangkan. Termasuk ketika kamu berlibur ke Wayag, terlebih ketika liburan ke Wayag kamu harus naik ke gugusan karst yang cukup tinggi. Jadi pastikan kondisi tubuhmu fit dan membawa bekal yang cukup ya.

2. Menggunakan Pakaian yang Fleksibel

Liburan ke alam memang menuntut kita untuk dapat menggunakan pakaian yang cenderung fleksibel. Apalagi jika kamu ingin menikmati liburanmu di Wayag. Pastikan pakaian kamu fleksibel untuk digunakan di berbagai kondisi dan bisa digunakan untuk naik ke bagian atas batuan karst Wayag ya. Pastikan tidak memakai pakaian yang menyulitkan perjalananmu dan gunakan yang melindungi perjalananmu.

3. Membawa Topi

Jika kamu berlibur ke Wayag di waktu-waktu yang tepat, cuaca akan sangat cerah. Oleh sebab itu jangan lupa untuk membawa topi untuk melindungi kulitmu ya. Supaya lebih nyaman, kamu dapat membawa topi yang casual dan trendi supaya tetap lucu untuk digunakan bergaya di depan kamera.

4. Membawa Kamera

Sudah berlibur ke Wayag tentu saja menjadi keniscayaan untuk mengambil gambar. Jadi kamera adalah perangkat yang wajib kamu bawa. Selain dapat mengambil foto, kamu juga dapat membuat vlog lho. Selain dapat digunakan untuk berbagi, kamu juga dapat mengenang perjalananmu yang menyenangkan di Waya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *