Tips Wisata Ke Raja Ampat

Ketika kamu memutuskan untuk berwisata ke Raja Ampat, kamu harus menyadari bahwa Raja Ampat memiliki destinasi wisata yang sangat beragam. Mulai dari wisata di kawasan pegunungan hingga pantai, kamu dapat memperolehnya. Kamu juga tidak hanya dapat berwisata alam, wisata budaya pun tersedia di Raja Ampat. Oleh karena itu sebaiknya ketika kamu memutuskan untuk berlibur ke Raja Ampat, kamu telah menentukan lokasi wisata mana saja yang ingin kamu kunjungi. Hal ini akan berpengaruh pada persiapan yang harus kamu lakukan. Berikut ini beberapa tips buat kamu yang akan berlibur ke Raja Ampat.

Menyusun Itinerary

Ketika hendak berlibur ke Raja Ampat, menyusun itinerary adalah hal wajib. Mengapa begitu? Karena di Raja Ampat terdapat banyak sekali tempat wisata yang harus kamu kunjungi dan jaraknya cukup jauh jika kamu melakukan perjalanan tanpa rencana. Hal ini tentu saja akan menghabiskan budget dan waktu kamu.

Kamu dapat menyusun itinerary dengan menikmati kawasan Waisai terlebih dahulu di hari pertama. Kamu dapat mencoba berbagai macam kuliner di pasar Waisai atau bahkan membeli ikan langsung pada nelayan yang baru pulang memancing untuk dinikmati bersama teman-temanmu.

Nah kemudian di hari selanjutnya, kamu dapat melakukan perjalanan menggunakan speedboat atau long boat ke destinasi-destinasi wisata andalan Raja Ampat yang jaraknya lumayan jauh dari Pulau Waigeo. Keesokan harinya, kamu masih dapat merencanakan perjalanan ke luar pulau atau luar daerah Waisai sesuai dengan keinginan kamu. Dengan menyusun itinerary, liburanmu akan lebih efektif dan efisien.

Mempersiapkan Baju untuk Berenang

Seandainya kamu tidak menyukai air namun kamu ingin berlibur ke Raja Ampat, kamu harus tetap membawa pakaian untuk berenang. Hal ini dikarenakan meskipun awalnya kamu tidak suka bermain air, ketika melihat pemandangan laut dan bawah laut Raja Ampat, dijamin kamu tidak ingin beranjak. Hanya laut pasang yang mungkin akan memaksamu untuk menepi dan beristirahat. Oleh karena itu membawa pakaian khusus untuk bermain air adalah hal wajib.

Membawa Kamera Bawah Air

Kapan lagi kamu dapat mengunjungi kawasan segitiga karang yang terkenal memiliki kekayaan bawah laut di Indonesia? Tentu saja kamu tidak ingin melewatkan kesempatan tersebut dan tentu saja kamu ingin mengabadikannya bukan? Nah, oleh sebab itu kamu harus membawa kamera khusus bawah air supaya setiap momen yang kamu lakukan bersama keindahan Raja Ampat dapat terdokumentasikan.

Mengunjungi Lokasi Wisata yang Anti-mainstream

Mengunjungi lokasi wisata yang terkenal di Raja Ampat merupakan hal yang wajib kamu lakukan. Tapi mengunjungi lokasi-lokasi wisata yang anti-mainstream juga menjadi salah satu opsi supaya pengalaman kamu lebih luas dari orang lain.

Salah satu destinasi wisata yang harus kamu datangi adalah Kampung Saporkren. Kampung Saporkren adalah sebuah kampung yang memiliki daya tarik wisata mulai dari laut hingga daratnya. Di Kampung Saporkren kamu dapat menikmati suasana permukiman dekat pantai bersama masyarakat lokal yang ramah. Selain itu, kamu juga dapat menikmati pengalaman wisata bird watching yang dapat kamu nikmati ditemani dengan guide lokal untuk melihat Burung Cendrawasih bermain. Kapan lagi coba melihat langsung burung endemik Papua yang tidak mungkin kamu saksikan langsung di alam wilayah lain?

Tidak hanya Saporkren, masih banyak sekali destinasi lain seperti Warsambin, Sawinggrai, Pulau Gam, Pulau Saonek, dan berbagai tempat wisata lainnya. Jadi jangan lupa rencanakan liburanmu dengan matang ya supaya lebih menyenangkan!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *