Pianemo Raja Ampat

Berlibur ke Raja Ampat tidak lengkap rasanya jika kamu tidak mengunjungi destinasi wisata yang menyajikan pemandangan gugusan karst di tengah laut. Terdapat 2 pilihan jika kamu ingin menikmati pemandangan langka tersebut. Kamu dapat memiliki Wayag atau Pianemo atau bahkan keduanya dapat kamu kunjungi sekaligus. Namun apabila kamu memiliki keterbatasan budget, kamu dapat memilih salah satu. Pianemo menjadi salah satu rekomendasi yang dapat kamu pilih karena Pianemo memiliki jarang yang lebih dekat dari Waisai. Jika jaraknya lebih dekat maka budget yang harus kamu keluarga untuk transportasi tentu saja lebih dekat kan!

Letak Pianemo Raja Ampat

Perjalanan menuju Pianemo harus ditempuh dengan jalur laut. Hal ini dikarenakan Pianemo terletak di pulau yang berbeda dengan kawasan penduduk di Raja Ampat yaitu Waisai yang merupakan ibu kota kabupaten Raja Ampat. Untuk sampai di Pianemo kamu harus menghabiskan waktu selama 2 jam perjalanan menggunakan longboat dan dengan syarat kondisi laut tidak terlalu berbahaya.

Selama perjalanan kamu dapat menikmati keindahan lautnya. Selain dapat melihat pemandangan, kamu sesekali juga akan melihat burung-burung kecil yang sedang duduk-duduk di atas ranting pohon di permukaan air laut. Seru bukan?!

Hal Unik yang Jarang Diperhatikan di Pianemo Raja Ampat

Nah, jika perjalanan selama 2 jam kamu sudah cukup menyenangkan dan mungkin sedikit dibumbui dengan cuaca yang cukup terik, hal itu justru akan menyempurnakan kunjungan kamu ke Pianemo. Pasalnya, Pianemo menjadi lebih indah ketika cuaca cerah dan kamu dapat mengambil foto dengan hasil yang bagus.

Terdapat beberapa hal unik yang dapat kamu temukan di Pianemo namun jarang orang lain ketahui. Di Pianemo biasanya akan ada long boat atau kapal yang melintas ketika kamu melihat dari anjungan. Nah hal tersebut menjadi kesempatan kamu untuk mengabadikan gambar tuh.

Selain itu kamu juga berkesempatan melihat penyu terbesar di dunia yaitu Penyu Belimbing. Meskipun hanya melihat dari jauh, karena ukurannya besar dan motif karapaksnya yang unik, kamu akan tetap dapat menyaksikannya lho. Jika kamu tidak ingin ketinggalan momen, jangan lupa untuk mengabadikan gambarnya atau membawa binokuler untuk melihatnya lebih dekat ya.

Tidak hanya berkesempatan menyaksikan hal-hal unik, di Pianemo kamu juga dapat berbelanja oleh-oleh yang dijual oleh mama-mama pedagang yang ada di dermaga Pianemo. Namun jangan lupa ya untuk memilih jenis oleh-oleh yang tidak masuk ke dalam status dilindungi. Dengan begitu kamu juga membantu kelestarian alam Pianemo lho!

Tips Berkunjung ke Pianemo

Mengunjungi tempat wisata yang unik dan langka seperti Pianemo sudah semestinya memerlukan berbagai persiapan. Hal ini sebagai antisipasi supaya liburan kamu tidak sia-sia begitu saja. Nah berikut ini tips untuk berlibur ke Pianemo.

1. Gunakan Topi

Cuaca di Raja Ampat apabila sedang terik memang cukup membuat kulitmu terbakar. Apalagi jika kamu harus menempuh perjalanan menggunakan longboat di tengah lautan, tentu saja panasnya akan semakin terasa. Oleh sebab itu siapkan topi yang lebar untuk menghindari risiko panas menyengat badanmu.

2. Siapkan Air Minum

Ketika sampai di Pianemo, kamu akan menaiki tangga yang lumayan banyak. Hal ini dikarenakan untuk melihat pemandangan yang luar biasa di Pianemo kamu harus menuju anjungan yang telah disediakan. Oleh sebab itu membawa air minum untuk menjaga tubuh supaya tidak dehidrasi adalah sesuatu yang bijak.

3. Siapkan Kamera

Berlibur ke Pianemo, mengabadikan gambar adalah sesuatu yang wajib. Meskipun keindahan pemandangannya dapat dinikmati dengan mata telanjang, namun mengabadikan gambar sebagai kenang-kenangan harus dilakukan bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *