Kenapa Raja Ampat Mahal ?

Raja Ampat memang indah dan menjadi destinasi wisata banyak orang. Namun Raja Ampat juga terkenal sulit dijangkau karena biaya untuk bertandang ke Raja Ampat faktanya lebih mahal dibandingkan dengan berkunjung ke negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan sebagainya.

Meskipun sama-sama terletak di Indonesia, kenapa ya biaya berlibur ke Raja Ampat menjadi lebih mahal? Berikut fakta-fakta yang perlu kamu ketahui bahwa pergi ke Raja Ampat itu mahal. Namun kamu tidak perlu khawatir karena dibalik mahalnya biaya berkunjung ke Raja Ampat, kamu akan mendapatkan pengalaman berharga yang tidak dapat kamu dapatkan di tempat lain.

Biaya Transportasi yang Cukup tinggi

Bagi kamu yang tinggi di luar Papua Barat khususnya Sorong atau Raja Ampat itu sendiri, biaya berkunjung ke Raja Ampat memang tergolong mahal. Apabila kamu berangkat dari jakarta, tiket pesawat menuju Sorong menghabiskan biaya mulai dari 1,6 juta rupiah. Nah hal tersebut belum termasuk biaya makan dan akomodasi selama transit ya. Karena ketika menggunakan transportasi yang paling murah ini, kamu harus transit selama 18 jam di Manado. Di satu sisi mungkin menjadi kesempatan bagi kamu untuk menikmati liburan singkat di Manado, namun di sisi lain kamu justru harus menambah budget.

Setelah sampai di Bandara Domine Eduard Osok (DEO) kamu masih membutuhkan transportasi selanjutnya untuk menuju Raja Ampat. Untuk menuju Raja Ampat kamu dapat menggunakan kapal feri dengan biaya 125 ribuan sekali berangkat. Jadi untuk pulang pergi dapat diperkirakan habis berapa ya kira-kira.

Sesampainya di Raja Ampat tentu saja kamu masih membutuhkan transportasi menuju penginapan yang sudah kamu tentukan. Namun disamping hal itu transportasi lain yang lebih mahal yaitu ketika kamu ingin berkunjung ke pulau-pulau kecil yang menjadi destinasi wisata andalan di Raja Ampat seperti ke Wayag, Pianemo, pasir timbul, Sawinggrai dan sebagainya. Jadi memang kamu harus mempersiapkan budget yang cukup ya supaya perjalananmu ke Raja Ampat tidak rugi. Tenang saja, ketika kamu sampai di lokasi wisata semuanya akan terbayar dan kamu akan merasa semua pengeluaranmu worth it.

Menjaga Kelestarian Alam Raja Ampat

Raja Ampat merupakan kawasan yang dikenal masih asri baik di hutan dan lautnya. Maka dari itu Indonesia senantiasa berupaya untuk mengupayakan supaya kelestarian tersebut tetap terjaga. Kelestarian Raja Ampat dijaga dengan tidak mengesampingkan kebutuhan ekonomi masyarakatnya. Karena bagaimanapun kebutuhan hidup masyarakat harus terpenuhi.

Cara paling umum yang diterapkan untuk menjaga kelestarian lingkungan di Raja Ampat sekaligus memberikan pemasukan bagi masyarakat dan daerah Raja Ampat adalah dengan tetap mempertahankan budaya dan ekosistemnya. Mempertahankan budaya dan ekosistem tersebut kemudian dijadikan sebagai objek untuk ekowisata yang berkelanjutan tanpa mengganggu atau merusak. Oleh sebab itu ketika kamu berkunjung ke Raja Ampat, harga yang mahal tersebut merupakan salah satu cara untuk menjaga kelestarian alam dan budayanya. Biaya yang kamu keluarga tersebut sebagian digunakan untuk merawat dan menjaga ekosistemnya. Jadi ketika suatu hari kamu ingin kembali berkunjung ke Raja Ampat, kondisinya tidak rusak atau berubah. Keanekaragaman hayati di pegunungan atau di laut akan tetap terjaga karena pada dasarnya hal tersebutlah yang membuat masyarakat ingin ke Raja ampat yaitu menyaksikan potensi yang dimiliki dan tidak dapat ditemukan di wilayah lain. Jadi apabila ekosistemnya rusak, maka keindahannya pun akan berkurang atau bahkan tidak ada lagi. Oleh sebab itu, mengunjungi Raja Ampat masih bisa kamu siasati kok supaya tidak terlalu mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *