Fakta Unik Seputar Raja Ampat

Fakta Unik Seputar Raja Ampat

Bukan Raja Ampat namanya jika tidak menjadi destinasi idaman para wisatawan. Bagaimana tidak? Raja Ampat seringkali dijuluki sebagai surga kecil di bumi karena keindahan alamnya yang masih asri dari mulai di wilayah gunungnya hingga melandai di bawah lautnya. Pastinya ketika berkunjung ke Raja Ampat kamu akan memperoleh pengalaman berlibur yang dobel-dobel. 

Sebelum mengambil paket wisata Raja Ampat, alangkah lebih baik jika kamu mengetahui hal-hal unik yang ada di Raja Ampat. Selain untuk memacu rasa penasaran kamu, mengetahui hal unik dapat menjadi referensi yang anti mainstream dalam menentukan tujuan wisata kamu. Berikut ini adalah hal-hal unik seputar Raja Ampat yang harus kamu ketahui!

Ditemukan Penyelam Berkebangsaan Belanda

Raja Ampat ditemukan dalam ekspedisi seorang penyelam berkewarganegaraan Belanda. Penyelam tersebut bernama Maz Ammer. Tujuan dari ekspedisi tersebut awalnya yaitu untuk menelusuri keberadaan pesawat dan kapal pada Perang Dunia II yang diduga karam di kawasan yang kini bernama Raja Ampat tersebut. Namun ketika sampai pada kawasan tersebut, Maz Ammer justru menemukan kekayaan alam di Raja Ampat yang sangat menakjubkan. 

Melihat kenyataan tersebut, kemudian Maz Ammer mengajak Gerry Allen yang merupakan ahli perikanan Australia untuk mengunjungi kawasan tersebut. Kemudian mereka menemukan bangkai kapal yang selama ini dicari. Sejak saat itu Raja Ampat dikenal mancanegara yang tidak hanya kekayaan alamnya saja tetapi juga historisnya. 

Paket Wisata Raja Ampat

Pilihan paket terbaik dari Tour Lokal Raja Ampat

Masuk ke dalam Kawasan Coral Triangle

Jika kamu mengenal Raja Ampat, tentu saja kamu tau bahwa keindahan bawah laut Raja Ampat sangat menakjubkan. Hal ini tidak lain tidak bukan merupakan pengaruh dari keberadaannya yang memasuki kawasan Coral Triangle

Coral triangle atau segitiga karang merupakan kawasan yang dibatasi dengan garis imajiner. Kawasan ini merupakan kawasan yang kaya akan berbagai macam ekosistem terumbu karang di dalamnya. Jadi ketika kamu berkunjung ke Raja Ampat, akan sangat disayangkan kalau kamu tidak turut serta menikmati keindahan alam bawah lautnya. Pasalnya sebagai sebuah ekosistem, terumbu karang menjadi habitat bagi banyak biota laut.

Oleh sebab itu ketika berlibur ke Raja Ampat jangan lupa untuk mempersiapkan diri menyelam ke bawah laut. Tapi jangan sampai menyentuh dan menginjak karang ya!

Masyarakatnya Dekat dengan Alam

Raja Ampat dikenal sebagai kawasan yang masih tergolong jauh dari pembangunan gedung-gedung. Hal ini justru membuat Raja Ampat memiliki keunikan tersendiri dibandingkan wilayah lain. Maka semua masyarakat di Raja Ampat dan secara umum di Papua, dekat dengan alam. 

Dekat dengan alam tidak hanya dalam kondisi fisiknya. Kedekatan masyarakat Raja Ampat dengan alam juga terjalin dalam interaksinya. Pasalnya masyarakat Raja Ampat senantiasa menjaga keberlanjutan alam meskipun dalam rangka kebutuhan ekonomi. Semua aktivitas ekonomi dan budayanya dibatasi oleh kondisi alam supaya tetap keberlanjutan. Hal ini dikarenakan jika kondisi alam rusak maka masyarakat Raja Ampat memang akan sangat terdampak. Bahkan di suatu kawasan di Sawinggrai beberapa warga dekat dengan kuskus tanpa harus mengurungnya. Masyarakat Saporkren membiarkan tempat bermain burung Cendrawasih dan memanfaatkannya sebagai salah satu tawaran ekowisata birdwatching tanpa mengganggu burung dan ekosistemnya. 

Menjadi Tempat Menyelam Terpopuler di Dunia

Berkaitan dengan letaknya di kawasan segitiga karang, kawasan Raja Ampat menjadi kawasan yang populer untuk menyelam. Penyelaman dilakukan dengan berbagai tujuan mulai dari hanya sekedar hiburan hingga penelitian kekayaan alam Indonesia. Jadi kalau kamu menyukai bidang bawah laut, Raja Ampat wajib menjadi tujuan kamu. Kamu dapat belajar sekaligus berlibur lho. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *